Negara Maritim Indonesia

Goal kita adalah Menjadi Tuan Dinegeri Sendiri (Mandiri), menjadi bangsa yang sanggup mengatur dirinya sendiri. Kemudian UU No. 17 tahun 2007 mengamanatkan supaya: “Mewujudkan Indonesia Menjadi Negara Kepulauan yang Mandiri, Maju dan Kuat Berbasis Kepentingan Nasional. Seyogyanya ditambah lagi dengan Kreatif dan Dinamis.

Karena Negara Indonesia adalah Negara kepulauan maka sudah nyata Indonesia terletak ditengah laut, dimana 70% dari luas negara kita adalah laut.

Sudah lama kita semua menghafal bahwa syarat adanya negara adalah:

  1. Tanah Air
  2. Rakyat
  3. Pemerintah

Syarat nomor 1 diatas adalah Tanah Air, sekarang  pertanyaan besar: Kenapa yang “air” itu sangat kurang perhatian Negara kita?

Masalah maritim Indonesia sangat kompleks dan pembangunannya sangat tertinggal, karena itu dipandang sangat mendesak untuk membentuk suatu badan yang mencurahkan sepenuh perhatiaannya untuk memanfaatkan seluruh potensi maritim serta dapat mengawasi penegakan hukum dilaut. Disamping itu, badan ini mengkoordinir institusi atau badan yang mempunyai bermacam kepentingan dilaut.

Badan itu adalah: “Badan Pengembangan, Pengendalian dan Pengelolaan Potensi Maritim” (BP4M = Babanglilasimar = Maritime Head Quarter)

BP4M terdiri dari:

  1. Kerjasama Interntional  (IMO, ILO, Bilateral, dll)
  2. Pengelolaan Potensi Maritim
  3. Perencanaan Kebijakan Maritim
  4. National Coast Guard

 Kerjasama International, tugas umumnya adalah:

      Terlibat aktif di IMO, ILO & Bilateral dibidang maritim

      Mengorganisir, mendorong dan memonitor Kebutuhan dalam melaksanakan Konvensi Internasional      Memberikan saran dan koreksi terhadap keserasian aturan internasional dan nasional.

      Mendesak adanya aturan nasional yang mendukung diterapkannya aturan internasional, sehingga menjadikan Indoneia selalu ikut dan berperan aktif dalam pergaulan international

 Pengelolaan Potensi Maritim, tugas umumnya adalah:      Mengorganisir dan mendistribusikan Pengelolaan Potensi maritim sesuai tugas dan kemampuan stakeholder

      Mengembangkan dan Mensosialisasikan potensi maritim yang seharusnya dan mungkin dikembangkan maupun diciptakan.

      Mendorong R & D kemaritiman

 Perencanaan Kebijakan Maritim, tugas umumnya adalah:      Memberikan saran untuk pengendalian pengembangan aturan maritim nasional & daerah.      Meneliti sinkronisasi aturan terkait dibidang kemaritiman      Meneliti pelaksanaan aturan international yang telah diratifikasi dan memberikan saran kepada institusi terkait tentang aturan pendukung / pelaksanaan (Juklak, Juknis dst).      Semua kebijaksanaan maritim nasional harus melalui BP4M National Coast Guard, Togas Pokok adalah: bertugas melindungi kepentingan umum, kepentingan ekonomi nasional didalam pelabuhan umum dan perairan, jalur pelayaran pantai dan internsional dan daerah maritime sebagaimana kebutuhan untuk mendukung kemanan nasional.  Lingkup kegiatan dalam melaksanakan tugas adalah:      Penegakan hukum dilaut (Kepelabuhanan (ISPS Code), Bea Cukai, Immigrasi, Karantina, Polisi, Hydrophy Oceanography SAR, Pelayaran, Perikanan, dll)

      Menjaga rambu laut.

      Menjaga tapal batas di laut.      Dan kebutuhan penjagaan laut lainnya.      Dalam keadaan perang, National Coast Guard berfungsi sebagai pertahanan di pelabuhan, keamanan dipelabuhan, Kontra Intiligen AL dan Patroli pantai. Untuk melaksanakan tugas-tugas diatas, maka Coast Guad diperlengkapi dengan kapal, pesawat terbang (termasuk Helikomter dan pesawat ampibi). Di Amerika Coast Guard berwenang untuk penegakan hukum dilaut dan pelaksana kemanan. Di banyak negara Coast Guard adalah bagian tak terpisahkan dari kemanan negara. Di beberapa negara Coast Guard adalah pejabat sipil dan bahkan ada yang badan swasta (bagian kegiatannya dilakukan outsourcing)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: